Source Code Aplikasi Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar

Aplikasi pengelolaan surat masuk dan keluar ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan framework Materialize untuk tampilan aplikasi. PHP adalah bahasa scripting server-side, bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web statis, situs web dinamis atau aplikasi web. PHP singkatan dari Hypertext Pre-processor, yang sebelumnya disebut Personal Home Pages. Karena php merupakan scripting server-side maka jenis bahasa pemrograman ini nantinya script/program tersebut akan dijalankan/diproses oleh server.


Aplikasi pengelolaan surat masuk dan keluar ini memiliki fitur seperti transaksi surat masuk dan keluar, buku agenda, galeri file, mencetak surat, edit instansi dan lain-lain. Sistem ini dikembangkan oleh M Rudianto. Dengan dikembangkannya aplikasi ini, diharapkan pengelolaan surat masuk dan keluar menjadi lebih mudah.


Berikut tampilan interface dari aplikasi pengelolaan surat masuk dan keluar :










Instalasi


Setelah source code berhasil terunduh, ekstrak dan simpan folder pengelolaansurat ke dalam folder htdocs. Setelah itu buat database dengan nama surat dan import file surat.sql yang berada di folder db ke dalam database yang dibuat tadi. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file config.php yang berada di folder include.

$host     = "localhost";
$username = "root";
$password = "";
$database = "surat";

Gunakan akun berikut untuk proses login

Akun Administrator
Nama pengguna : admin
Kata sandi : admin

Akun Petugas
Nama pengguna : pengguna
Kata sandi : pengguna

Silahkan download jika tertarik untuk mengembangkannya ataupun mempelajarinya kembali, melalui tombol yang tersedia di bawah.


Disclaimer!
Source code ini dilarang keras untuk di perjual-belikan, source ini saya publikasi hanya untuk keperluan belajar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama