Source Code Penyewaan Kost Berbasis Web

Penyewaan kost berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework CI (Codeigniter). PHP adalah bahasa scripting server-side, bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web statis, situs web dinamis atau aplikasi web. PHP singkatan dari Hypertext Pre-processor, yang sebelumnya disebut Personal Home Pages. Karena php merupakan scripting server-side maka jenis bahasa pemrograman ini nantinya script/program tersebut akan dijalankan/diproses oleh server. Berbeda dengan javascript yang client-side.


Penyewaan kost berbasis web ini memiliki fitur-fitur yang meliputi mengelola kamar kost, member atau penyewa, pemesanan atau penyewaan, komplain atau keluhan, pendaftaran member dan lain sebagainya. Sistem ini dikembangkan oleh 15TIC.


Berikut interface dari penyewaan kost berbasis web :







Instalasi

Setelah source code didownload, kemudian ekstrak dan simpan didalam folder htdocs (untuk pengguna XAMPP), selanjutnya buat database baru dengan nama kost kemudian import file kost.sql yang ada di folder db ke dalam database yang telah dibuat. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file database.php yang berada di direktori application/config.

'hostname' => 'localhost',
'username' => 'root',
'password' => '',
'database' => 'kost',
'dbdriver' => 'mysqli',

Gunakan akun berikut agar dapat masuk ke penyewaan kost berbasis web. 
Untuk halaman login admin =  localhost/kost/Login
Untuk halaman member = localhost/kost/LoginMember

Akun Administrator
Username  : admin
Password : admin

Akun Member
Email : user@user.com
Password : user

Silahkan download jika tertarik untuk mengembangkannya ataupun mempelajarinya kembali, melalui tombol yang tersedia di bawah.


Disclaimer!
Source code ini dilarang keras untuk di perjual-belikan, source ini saya publikasi hanya untuk keperluan belajar.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama