Source Code SPK Penerima Beasiswa Metode MOORA

Sistem pendukung keputusan bantuan beasiswa pendidikan ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL dengan menerapkan metode MOORA (Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis). Metode MOORA merupakan sistem multi-objektif yang mengoptimalkan dua atau lebih attribut yang saling bertentangan secara bersamaan. Metode ini diterapkan untuk memecahkan masalah dengan perhitungan matematika yang kompleks. metode MOORA sangat sederhana, stabil, dan kuat.

Sistem pendukung keputusan bantuan beasiswa pendidikan dengan metode MOORA berbasis web ini memiliki beberapa fitur di dalamnya meliputi mengelola data siswa, mengelola kriteria dengan tipe kriteria (benefit dan cost) serta menentukan bobot kriteria dan informasi hasil perhitungan berupa nilai dan informasi siswa yang direkomendasikan mendapat bantuan beasiswa. SPK ini dikembangkan oleh Wisang.


Berikut tampilan interface dari SPK bantuan beasiswa metode MOORA :







Instalasi


Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak apabila menggunakan local server XAMPP simpan folder spk-moora ke dalam folder htdocs, selanjutnya buat database baru dengan nama db_moora kemudian import file db_moora.sql yang berada di folder db ke dalam database yang dibuat tadi. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file koneksi.php yang berada di folder lib.


$koneksi = new mysqli('localhost', 'root', '', 'db_moora');


Sesuaikan konfigurasi dengan yang anda gunakan, berikutnya buka web browser dan masukan url localhost/spk-moora/login.html. Gunakan akun berikut agar dapat masuk ke dalam sistem pendukung keputusan.


Akun Admin

Username : admin

Password : admin


Silahkan download jika tertarik untuk mengembangkannya ataupun mempelajarinya kembali, melalui tombol yang tersedia di bawah.


Disclaimer!
Source code ini dilarang keras untuk di perjual-belikan, source ini saya publikasi hanya untuk keperluan belajar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama