Source Code Pemilihan Ketua OSIS Berbasis Web

Sistem pemilihan ketua OSIS berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP adalah bahasa scripting server-side, bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web statis, situs web dinamis atau aplikasi web. PHP singkatan dari Hypertext Pre-processor, yang sebelumnya disebut Personal Home Pages. Karena php merupakan scripting server-side maka jenis bahasa pemrograman ini nantinya script/program tersebut akan dijalankan/diproses oleh server. Berbeda dengan javascript yang client-side.


Aplikasi pemilihan ketua OSIS berbasis web ini memiliki hak akses yang terbagi menjadi empat level hak akases, yaitu administrator, guru, siswa dan kandidat ketua osis. Fitur-fitur yang tersedia meliputi mengelola data siswa, guru, kandidat ketua osis, kelas, pemilihan atau voting ketua osis dan lain-lain. Sistem ini dikembangkan oleh Muhidin.


Berikut tampilan interface dari aplikasi pemilihan ketua OSIS berbasis web :









Instalasi


Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak apabila menggunakan local server XAMPP simpan folder pilkasis ke dalam folder htdocs, berikutnya buat database baru dengan nama pilkasis kemudian import file pilkasis.sql yang berada di dalam folder db ke dalam database yang dibuat barusan. Untuk  menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file sambungan.php.


$host="localhost";

$userdb="root";

$passdb="";

$namadb="pilkasis";

$koneksi=mysqli_connect($host,$userdb,$passdb,$namadb);


Gunakan akun berikut agar dapat masuk ke dalam aplikasi pemilihan ketua OSIS.

Akun Administrator

Username : admin

Password : admin


Akun Guru

Username : alkhoiry   

Password : alkhoiry


Akun Siswa

Username : siswa

Password : siswa


Akun Kandidat Ketua Osis

Username : kandidat1

Password : kandidat1


Silahkan download jika tertarik untuk mengembangkannya ataupun mempelajarinya kembali, melalui tombol yang tersedia di bawah.


Disclaimer!
Source code ini dilarang keras untuk di perjual-belikan, source ini saya publikasi hanya untuk keperluan belajar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama