Sistem Pendukung Keputusan Metode Topsis Berbasis Web

TOPSIS (Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution) adalah salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria yang pertama kali diperkenalkan oleh Yoon dan Hwang (1981). TOPSIS menggunakan prinsip bahwa alternatif yang terpilih harus mempunyai jarak terdekat dari solusi ideal positif dan terjauh dari solusi ideal negatif dari sudut pandang geometris dengan menggunakan jarak Euclidean untuk menentukan kedekatan relatif dari suatu alternatif dengan solusi optimal. Solusi ideal positif didefinisikan sebagai jumlah dari seluruh nilai terbaik yang dapat dicapai untuk setiap atribut, sedangkan solusi negatif-ideal terdiri dari seluruh nilai terburuk yang dicapai untuk setiap atribut.


Sistem Pendukung Keputusan Metode Topsis Berbasis Web ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. SPK ini memiliki fitur seperti edit kriteria, edit alternatif, edit nilai matriks dan hasil perhitungan TOPSIS. Sistem ini dikembangkan oleh Alan.


Berikut tampilan interface dari sistem pendukung keputusan metode TOPSIS:




Instalasi


Setelah source code berhasil terunduh, kemudian ekstrak dan simpan folder spk-topsis ke dalam folder htdocs, setelah itu buat database dengan nama topsis kemudian import file topsis.sql yang berada di dalam folder db. Untuk melakukan penyesuaian konfigurasi koneksi database terdapat pada file koneksi.php.

$host = localhost;
$user = root;
$pass = ;
$db   = topsis;

Silahkan download jika tertarik untuk mengembangkannya ataupun mempelajarinya kembali, melalui tombol yang tersedia di bawah.


Disclaimer!
Source code ini dilarang keras untuk di perjual-belikan, source ini saya publikasi hanya untuk keperluan belajar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama